Produk Forklift

Forklift merupakan salah satu alat berat yang keberadaanya sudah tak asing lagi di berbagai industri bahkan tempat lainnya.  Alat berat ini merupakan andalan dalam hal logistic khususnya pemindahan barang. Secara garis besar, Forklift adalah sebuah alat berupa kendaraan yang berguna untuk memindahkan barang dengan jumlah besar dari satu tempat ke tempat lain. Secara ringkas, alat berat ini memiliki fungsi utama untuk transportasi dan mengangkut barang. Dan kini, Beberapa Jenis Forklift telah menjadi alat wajib dalam hal pengangkutan logisik seperti di Bandara atau perusahaan – perusahaan besar.

Forklift dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan sumber tenaga atau mesin. Meski tak berbeda jauh, ternyata dua macam forklift ini memiliki keunggulan dan kekuranganya masing – masing. Berikut jenis forklift serta penjelasannya yang kami sediakan Sbb :

Forklift mesin

Jenis alat berat yang satu ini mungkin cukup familiar di kalangan pengguna industri. Forklift jenis ini menggunakan mesin konvensional layaknya mobil atau kendaraan lainnya. beberapa mesin Forklift sudah mengusung mesin 4-tak dengan berbagai teknologi baru yang tentu saja ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Mitsubishi Forklift Truck

Forklift mesin juga dibedakan lagi menjadi beberapa macam sesuai jenis mesin yang digunakan. Pada dasarnya ada 3 mesin yang digunakan yakni forklift dengan mesin diesel berbahan bakar solar, Forklift dengan mesin bensin dan forklift dengan mesin LPG. Diantara ketiga jenis tersebut, forklift bermesin diesel sering ditemukan atau digunakan dalam berbagai proyek. sedangkan forklift bermesin LPG mungkin masih asing untuk pasar Indonesia.

Forklift mesin diesel menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya. Secara otomatis, alat berat ini menggunakan bahan bakar solar. Mesin diesel dianggap mudah

dalam perawatan dan tentu saja menghadirkan tenaga yang besar untuk mengangkut barang. Biasanya jenis forklift ini memiliki jenis ban yang terbuat dari karet seperti ban mobil atau kendaraan transportasi lainnya.

Forklift untuk mesin berbahan bakar bensin bisa menjadi pilihan berikutnya. Alat berat ini pada dasarnya tak jauh berbeda dengan forklift mesin diesel. Perbedaan mungkin terletak pada mesin yang lebih mungil dan lebih ringkas. Walaupun demikian, tenaga yang dihasilkan tak kalah dari forklift mesin diesel.

Untuk forklift bermesin bahan bakar LPG, mungkin masih jarang ditemukan di Indonesia. Alat berat ini tentu diklaim lebih ramah lingkungan. Sayangnya, bentuk Forklift jenis ini cenderung lebih besar apalagi dengan tambahan tabung LPG di bagian belakang.

Ketiga jenis forklift tersebut biasanya digunakan di luar ruangan mengingat dimensinya yang besar dan suara mesin yang berisik.

Forklift elektrik

Sesuai namanya, jenis Forklift ini menggunakan tenaga listrik untuk menjalankannya. Alat berat ini menggunakan mesin dengan motor listrik sebagai penggeraknya dan baterai sebagai penyuplai listrik. Dikarenakan menggunakan tenaga listrik, alat berat ini memiliki berbagai keunggulan. Diantaranya tidak berisik dan tentu saja ramah lingkungan. Proses pemeliharaan forklift ini juga tak terlalu rumit. Dan yang terpenting, pengguna tidak akan direpotkan lagi mengenai biaya BBM yang makin mahal.

Meski memiliki banyak kelebihan, ternyata forklift elektrik juga memiliki kelemahan. Salahsatu kelemahan yang cukup mengganggu ialah alat berat ini tak bisa dioperasikan secara lama karena baterai hanya bertahan dalam hitungan jam. Sementara itu untuk mencharge baterai dibutuhkan waktu 5-8 jam.

Pada dasarnya kedua jenis Forklift memiliki bentuk yang tak jauh berbeda. Keduanya memiliki fork yang dibekali sistem hidrolik untuk memindahkan dan mengangkut barang. Sekarang pilihan ada di tangan pengguna.